GEDUNG BKN WILAYAH XIV PAPUA BARAT TERANCAM DI PALANG
PIMPINAN BKN WILAYAH XIV PAPUA BARAT MENUTUP RUANG BAGI AWAK MEDIA DAN PUBLIC

By Admin 14 Sep 2018, 01:27:40 WIB Daerah
GEDUNG BKN WILAYAH XIV PAPUA BARAT TERANCAM DI PALANG

Keterangan Gambar : PENCAKER saat mengantri pendaftaran simulasi CPNS di halaman gedung BKN wilayah XIV kabupaten Sorong/Indonesia-Baru.com


Kabupaten Sorong

Indonesia-Baru.com – Badan kepegawaian Negara (BKN) wilayah XIV (empatbelas) Papua Barat, sejak Rabu 12/09 menggelar pendaftaran bagi PENCAKER (Pencari Kerja) yang berada di wilayah Sorong Raya guna mengikuti sosialisasi serta simulasi pendaftaran dan tes Online.

Pendaftaran yang direncanakan berlangsung selama dua hari ini, di buka sejak Rabu 12/09 hingga Kamis 13/09 tadi.

Para pencaker (pencari kerja) yang rela mengantri pada Rabu 12/09 pukul 07:00 WIT hingga pukul 21:00 WIT ini, berlanjut pada Kamis 13/09 pukul 07:00 WIT pagi tadi.

Dalam pantauan Tim Indonesia-Baru.com di halaman gedung BKN XIV yang beralamat di KM 24 (kilo meter duapuluh empat) Kabupaten Sorong, mereka (para pencaker) yang rela mengantri dan juga bertarung dengan waktu, tampak tidak mengenal lelah demi mendaftarkan diri serta mendapatkan nomor urut sosialisasi serta simulasi.

Namun pada pukul 09:15 WIT, rasa kurang puas mulai nampak pada seluruh pencaker atas pelayanan juga kesediaan kuota simulasi yang disediakan oleh BKN wilayah XIV, karena kuato disediakan hanya sebanyak 500 (lima ratus) peserta.

merasa kurang puas atas pelayanan disertai dengan kuota yang disediakan hanya lima ratus ini, membuat para pencaker khususnya pencaker orang asli Papua (OAP) merasa sangat dirugikan dengan pelayanan dan juga kesediaan kuota oleh BKN wilayah XIV dinilai sangatlah kurang.

“saya sudah datang ikut antrian dari kemari jam 10:00 WIT sampai malam, dan lanjut datang antri lagi hari ini, tapi sama saja tidak ada hasil, saya sangat kecewa karena saya putra Papua asli tapi tidak diutamakan, teman – teman Papua yang lain juga pasti kecewa seperti yang saya rasa sekarang”. Keluhan salah satu pencaker yang enggan menyebut namanya saat dijumpai di halaman gedung BKN wilayah XIV. “Kenapa tidak sediakan kuota itu banyak-banyak, kita ini butuh pekerjaan buktinya kita pencaker yang datang lebih dari lima ratus orang bahkan mendekati seribu orang.” Lanjut-nya.

Tepat pukul 09:35 WIT, para pencaker yang kurang puas dan merasa dirugikan ini kemudaian berkumpul di depan halaman gedung BKN dan melakukan aksi protes kepada pihak BKN wilayah XIV selaku penyelenggara untuk memberikan penjelasan kepada para pencaker yang merasa dirugikan.

Dalam aksi protes tersebut, para pencaker sepakat untuk menolak system perekrutan CPNS secara Online yang diterapkan oleh pemerintah pusat melalui BKN wilayah XIV sebagai penyelenggara.

“kami menolak system Online yang diterapkan oleh pemerintah pusat bagi kami di wilayah papua, dan papua barat, terlebih khusus kami di wilayah sorong raya, karena banyak dari kami orang asli Papua (OAP) yang belum paham bagaimana cara mengoperasikan Komputer apa lagi pendaftaran CPNS secara Online.” Komentar bung Y.S sebagai coordinator aksi saat memberikan keterangan di halaman gedung BKN wilayah XIV kabupaten Sorong.

"Besok Jum’at 14/09, kami akan melakukan aksi demo damai di halaman gedung DPRD Kabupaten Sorong guna menuntut hak kami sebagai Orang Asli Papua (OAP) dan juga kami akan menuntut kepada DPRD untuk segera menolak system perekrutan CPNS online yang diterapkan oleh pemerintah pusat kepada kami di sini (Papua Barat), karena kami OAP merasa sangat dirugikan dengan program pemerintah yang nampak tidak memihak kepada kami OAP." Tambah Bung R.S

Pihak BKN wilayah XIV yang dipimpin oleh “Harbinton Simar Mata, S.com, M,AP” nampak menutup ruang dan menghindar dari awak media pada saat dikonfirmasi guna memberikan keterangan atau jumpa PERS terkait aksi protes dari pencaker pagi 13/09 di halaman gedung BKN wilayah XIV.

Masa aksi demo damai berencana mengadakan aksi demo di halaman gedung DPRD Kabupaten Sorong kamis 14/09, “kami mengundang seluruh pencaker, muda-mudi serta mahasiswa-masiswi OAP (Orang Asli Papua yang berada di wilayah kota dan kabupaten Sorong agar besok Kamis 14/09 pukul 08:00 WIT dapat bergabung dengan kami guna dalam aksi demo damai menuntut hak-hak kami sebagai OAP, dengan titik kumpul di Alun-alun Woronai Aimas Kabupaten Sorong dan merapatkan barisan menuju gedung DPRD Kabupaten Sorong, penyampaian ini sekaligus menjadi undangan bagi kita kalangan generasi OAP." Tegas Y.S sebagai coordinator Aksi demo damai.

setelah memberikan keterangan, pada pukul 13:40 WIT  para pencaker yang mengatas namakan generasi muda OAP kemudian membubarkan diri dengan tenang dan tertib.

(F.MALASEME)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

SIAPAKAH CALON PUTRA/PUTRI TERBAIK PAPUA BARAT ANGGOTA DPR-RI 2019 DAPIL PAPUA BARAT
  FREDRIK RONALDO YESNATH.PARTAI DEMOKRAT
  JIMMY IJI.PARTAI PDI P
  ROBERT J KARDINAL. PARTAI GOLKAR

Komentar Terakhir

  • Tommy Utama

    Pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya mempertanyakan dasar keputusan SBY ...

    View Article
  • Udin Sedunia

    Menurut Yunarto, Roy selama ini lebih dikenal sebagai pakar foto digital dan video ...

    View Article
  • Lukmanul Hakim

    saya yakin PHP juga bisa bertahan sampai 2030 ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video